AIDA adalah salah satu teori dasar yang banyak dipakai
dalam dunia marketing sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan
sebuah produk atau jasa.
Menurut model ini, alat promosi harus menarik
perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan
menghasilkan tindakan.
Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan
dalam empat tahap :
·
Tahap Menaruh
Perhatian (Attention) adalah tahapan dimana kita harus bisa membuat para
konsumen sadar akan keberadaan produk kita. Baik promosi menggunakan iklan
cetak, radio, TV, atau jaringan personal lainnya.
·
Tahap
Ketertarikan (Interest) , setelah berhasil meraih perhatian konsumen, harus
dilakukan follow up yang baik. Yaitu tahapan lebih dalam memberikan informasi
produk, membujuk dan mampu memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli
produk yg kita tawarkan.
·
Tahap
Berhasrat/Berniat ( Desire ) adalah tahapan memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak si
kosumen, dimana agar timbul keinginan dan hasrat untuk membeli produk kita.
·
Tahap
Memutuskan untuk aksi beli ( Action ), tahapan dimana si konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli
produk kita sekarang
·
Tahap Satisfaction , yaitu tahapan
akhir dimana konsumen merasa puas dengan produk kita dan akhirnya memutuskan
untuk membeli produk kita lagi.
Jadi proses AIDA bisa digambarkan sebagai proses:
pengenalan produk — penciptaan ketertarikan terhadap produk — mengakibatkan
timbulnya hasrat untuk membeli produk — dan akhirnya pengambilan keputusan
untuk membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar